Tuesday, 3 March 2015

Tugas 1 - Pembahasan Tentang Program Java

Nama / NIM : Ida Ayu Rini Dharmayani / 1404505070
Jurusan : Teknologi Informasi
Fakultas / Universitas : Fakultas Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek (B)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT

PEMBAHASAN TENTANG JAVA, CLASS, OBJECT, PEWARISAN DAN PEMBUNGKUSAN


1.      JAVA

      Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi berbasis web. Java sendiri merupakan bahasa pemrograman yang berbasis objek, maksudnya adalah semua aspek yang terdapat pada java adalah objek sehingga sangat memudahkan untuk mendesain, membuat dan mengembangkan program java dengan cepat. Java dibagi menjadi beberapa bagian:
  • J2SE (Java 2 Standard Edition); Java 2 Standard Edition mencakup core dari bahasa pemrograman Java, memuat library­library inti yang dibutuhkan seperti IO, Networking dan JDBC.
  • J2EE (Java 2 Enterprise Edition); Java 2 Enterprise Edition adalah pengembangan Java untuk solusi enterprise, mulai dari aplikasi berbasis Web dengan Servlet dan JSP, aplikasi terdistribusi dengan EJB, sebagaimana aplikasi integrasi enterprise seperti Web Service.
  • J2ME (Java 2 Micro Edition); Java 2 Micro Edition adalah pengembangan Java untuk mobile device, seperti handphone, pocket PC dan PDA. Pengembangan ke arah mobile device ini menuntut Java untuk beradaptasi dengan mesin yang terbatas dalam memory dan processor.

Kelebihan Java :
  • Berorientasi objek , Memudahkan untuk mendesign dan mengembangkan program dengan cepat dan teliti , sehinnga mudah digunakan . Salah satu bahasa pemrograman yang berorientasi objek secara murni .
  • Mirip c++, Mempunyai sintaks yang mirip dengan bahasa pemrograman c++ . Sehingga para pengguna c++ banyak yang hijrah menggunakan Java . 
  • Multiplatform, Dapat digunakan dibanyak sistem operasi . 
  • Perkembangan yang luas, Dari game sampai sistem operasi handphone menggunakan program java . Misalnya Handphone Sonny Ericsson dan Opera Mini 3 yang bertipe .jar ( Java Archive ) .
  • Mempunyai pengumpulan sampah otomatis
Kekurangan Java :
  • Proses Compile, Mengharuskan pengguna mengcompile programnya sebelum dijalankan, berbeda dengan bahasa pemrograman python yang tidak perlu mengcompile terlebih dahulu .
  • Penggunaan Memori yang besar , Berbeda dengan bahasa pemrograman lain yang hanya membutuhkan memori sedikit


2.   CLASS DAN OBJECT

      Class adalah struktur dasar dari OOP (Object Oriented Programming). Terdiri dari
dua tipe yaitu : field (attribute/property) dan method (behavior). Class digunakan untuk
mendeklarasikan sebuah variabel yang berupa objek atau dinamakan “referensi objek (object reference)”. Sedangkan Object adalah sebuah perangkat lunak yg berisi sekumpulan variabel dan method yg berhubungan. Object merupakan sebuah instance (keturunan) dari class. Setiap Object (obyek) dibangun dari sekumpulan data (atribut) yang disebut "variabel" (untuk menjabarkan karakteristik khusus dari obyek) dan juga terdiri dari sekumpulan method (menjabarkan tingkah laku dari obyek).

      Class adalah merupakan penggambaran dari sebuah objek atau benda,sifat objek, dan juga apa yang bisa dilakukan oleh objek tersebut. class berfungsi untuk menampung objek objek dan method(behaviour) yang ada. contohnya: class hewan, buah-buahan, orang, bangunan, mobil, motor, dll. Dan Objek adalah bentuk nyata dari sebuah class dan dapat di lihat, di pegang,dan dirasakan. contohnya: class buah-buahan maka objeknya apel, nanas, durian, jambu, mangga


3.   PEMBUNGKUSAN ( ENCAPSULATION )


      Pembungkusan artinya, data-data dan method akan dibungkus menjadi paket objek yang merupakan satu kesatuan sehingga dapat bekerja sama dalam melaksanakan tugas-tugas pemrograman tertentu. Selain dengan menggunakan metoda abstraksi dalam menyembunyikan method pada super class, maka juga dapat dilakukan dengan proses pembungkusan suatu fungsi. Dengan kata lain, sebenarnya proses pembungkusan itu sendiri merupakan salah satu metoda atau mekanisme untuk melakukan abstraksi. Dalam melakukan pembungkusan kode, terdapat tiga akses yang perlu kita ketahui, yaitu :
  1. Private
        Mendeklarasikan data dan method menggunakan tingkat akses private berarti data dan method tersebut hanya dapat diakses oleh kelas yang memilikinya saja, atau bisa di sebut : mehtode tersebut tidak boleh diakses atau di gunakan oleh kelas-kelas lain yang terdapat di dalam program.
Untuk mendeklarasikan suatu data atau method dengan tingkat akses private, gunakan kata kunci “private”.
  1. Protected
       Mendeklarasikan data dan method menggunakan tingkat akses protected berarti data dan method tersebut dapat diakses oleh kelas yang memilikinya dan juga oleh kelas-kelas yang masih memiliki hubungan turunan, misalnya : dalam kelas A yang di deklarasikan sebagai protected, terdapat data X, maka kelas B ( merupakan turunan dari kelas A) dapat mengakses data X tersebut, tetapi jika terdapat kelas lain yang bukan merupakan turunan dari kelas A (misal : kelas D), maka kelas lain tersebut (kelas D) tidak dapat mengakses data-data yang di deklarasikan pada tingkat akses protected.
Untuk mendeklarasikan suatu data atau method dengan tingkat akses protected, gunakan kata kunci “protected”.
  1. Public
      Tingkat akses public merupakan kebalikan dari tingkat akses private. Data maupun methode yang bersifat publik dapat di akses oleh semua bagian di dalam program. Dengan kata lain, semua data atau method yang di deklarasikan dengan akses public dapat di kenali atau di akses oleh semua kelas yang ada di dalam program, baik kelas turunan maupun kelas yang tidak mempunyai hubungan sama sekali.
Untuk mendeklarasikan data atau method dengan tingkat akses public, gunakan kata kunci “public”.


4.     PEWARISAN ( INHERITANCE )

       Sebuah objek dapat diturunkan menjadi objek baru lainnya sehingga konspe baru tersebut akan mewarisi sifat dari objek induknya. Konsep inilah yang dinamakan dengan pewarisan (inheritance). Menurut beberapa refrensi, objek induk dinamakan dengan base class, ada juga yang mengistilahkan dengan ancestor class. Sedangkan objek turunannya (objek anak) setring dinamakan dengan  derived class atau descendant class. Objek tersebut apabila kita memiliki objek A, kemudian kita menurunkan objek tersebut menjadi objek B, maka objek secara otomatis akan memiliki sifat dan perilaku yang terkandung dalam objek A. Selain itu kita dapat menambahkan sifat dan perilaku lain kedalam objek  B. Contoh di dunia nyata adalah sebagai berikut : seorang anak akan memiliki sifat/perilakunya sendiri, selain itu dia juga mewarisi beberapa sifat / perilaku dari orang tuanya. Begitu juga dalam sebuah program. Suatu kelas (class) dapat di turunkan menjadi kelas-kelas baru lain yang akan mewarisi beberapa sifat / perilaku dari kelas induknya. Contohnya : kita membuat kelas A, lalu kita membuat kelas B yang merupakan hasil turunan dari kelas A, jadi kelas B tersebut mempunyai karakter yang hampir mirip dengan kelas A, dan kita dapat menambahkan sifat/ perilaku yang baru pada kelas B yang sebelumnya tidak di miliki oleh kelas A. Dalam java,kelas induk dinamakan superclass dan kelas turunan di sebut subclass.


5.     PENGIMPLEMENTASIAN JAVA

1. Social Networking

      Hal yang umum bahwa aplikasi web saat ini sangat umum digunakan khalayak IT, tidak hanya praktisi tapi juga khalayak umum apalagi dengan adanya social networking di dunia maya melalui browser. Manusia merupakan makhluk social yang membutuhkan interaksi dengan sesame, sehingga dengan adanya social networking di dunia maya membuat masyarakat umum banyak menggunakan internet sebagai media komunikasi. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mendukung aplikasi web karena memang java dibuat untuk memberikan solusi untuk aplikasi yang berbasis jaringan. Dengan bahasa Java dimungkinkan untuk membuat aplikasi social networking yang memenuhi kebutuhan user dalam berinteraksi melalui device (tanpa suara tentunya).


2.   M-commerce

      E-commerce lebih identik dengan transaksi jual-beli barang dan jasa secara online, online shop, dan bisnis lain yang dilakukan melalui internet. E-Commerce tidak hanya dilakukan di dalam browser namun juga dilakukan di dalam perangkat mobile yang biasa disebut dengan Mobile Commerce. M-commerce biasa menggunakan aplikasi berbasis java dalam penerapannya, bahkan browser pada mobile juga banyak yang menggunakan platform java missal yang banyak digunakan adalah Opera Mini. Jumlah pengguna ponsel pada umumnya lebih banyak ketimbang pengguna internet melalui PC/laptop sehingga pelanggan melalui ponsel lebih banyak bisa dijangkau daripada pengguna yang tidak menggunakan ponsel. Dengan banyaknya pengguna ponsel ini maka semakin besar peluang untuk pengguna ponsel melakukan transaksi jika ponsel mereka bisa digunakan untuk M-commerce, maka akan semakin banyak dikembangkan karena potensinya yang cukup besar. Contoh aplikasi telah dikembangkan adalah mobile banking, aplikasi untuk transaksi saham pelelangan barang dan lain sebagainya. 


3. Games

      Penerapan Java pada games saat ini sudah sangat luas, terutama pada ponsel dan android. Game java dapat diunduh dimana saja dan sebagian telah mendukung grafis 3D. Dengan dukungan J2ME pada ponsel memungkinkan game berbasis java dan mesin virtual Dalvik pada Android.


Referensi:
http://www.swalt.info/pemograman/java/76-pengertian-java.html
http://sigitprabowoo.blogspot.com/2013/11/pengertian-object-oriented-program.html
http://catatanku.web.id/catatan/konsep-pemrogramman-java/

 

No comments:

Post a Comment