Tuesday, 17 March 2015

Tugas 3 (Bagian 1) - Pewarisan Hewan


Nama / NIM : Ida Ayu Rini Dharmayani / 1404505070
Jurusan : Teknologi Informasi
Fakultas / Universitas : Fakultas Teknik / Universitas Udayana 
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek (B)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT


PEWARISAN HEWAN


Pada kesempatan ini, akan diberikan sedikit penjelasan tentang implementasi dari pewarisan. Dimana objek yang akan kita gunakan adalah "Hewan". Seperti biasa, langkah pertama yang dilakukan adalah membuat new project dengan main class Hewan.



Langkah berikutnya adalah membuat kelas "Mamalia" dan "Reptil" pada file "Hewan". Dalam pembuatan kelas Mamalia dan Reptil, pertama-tama kita harus memberi deklarasi terhadap ID, Nama, dan Keterangan. Selanjutnya, kita membuat Konstruktor dan Methode.
 



Setelah selesai membuat kelas indukan atau superclass, langkah selanjutnya adalah membuat kelas anakan atau subclass, dimana kelas Mamalia akan memiliki subclass sapi, kucing, dan anjing (yang memiliki kelas anakan yaitu cihuahua, bulldog, dan pom). Kemudian kelas Reptil memiliki subclass buaya, cicak, dan ular (yang juga memiliki subclass kobra dan phyton). 

Dan ingat bahwa kata kunci dalam pewarisan adalah extends. Penggunaan extends ini di peruntukkan untuk mewariskan data dan method yang ada di superkelas ke subkelas. Selain itu penggunaan sintaks 'super' untuk untuk menghubungkan data yang dimasukkan pada subkelas ke superkelas, sehingga variable yang di deklarasikan di super kelas memiliki value yang nantinya di tampilkan di sub kelas.




“class Sapi extends Mamalia” menandakan bahwa kelas Sapi merupakan kelas turunan atau subclass dari kelas Mamalia. Tahap berikutnya adalah membuat instansiasi kelas dan pemanggilan terhadap masing-masing konstruktor pada kelas utama atau main class.



Tahap selanjutnya adalah melakukan compile, jika berhasil kemudian kita run program.




Berikut adalah hasil output program tersebut.



Berikut adalah coding secara keseluruhan.

No comments:

Post a Comment